Sinergi Pelindo IV, Pemprov Sulsel dan Polda Sulsel Tekan Dwelling Time di Pelabuhan Makassar

By Admin


nusakini.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepolisian Daerah Sulsel dan Otoritas Pelabuhan Makassar, PT Pelindo IV (Persero) serta instansi terkait tengah berupaya menjaga agar angka dwelling time di Pelabuhan Makassar dapat dipertahankan maksimal 2,5 hari seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung mengungkapkan, selama ini semua pihak terkait telah berupaya melakukan penurunan dwelling time, antara lain dengan membentuk desk dwelling time yang tidak hanya melibatkan pelaku usaha, tetapi juga pemerintah daerah dan pihak kepolisian.

"Dengan demikian, seluruh hambatan yang ada bisa dapat segera diatasi dan dengan dwelling time saat ini di kisaran stabil antara 2,5 atau di bawah 2,5 hari," jelas Doso Agung dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/11/2016).

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya juga telah berusaha melakukan peningkatan ekspor sejalan dengan capaian dwelling time di Pelabuhan Makassar yang kian membaik.

Bahkan, ekspor yang dilakukan juga sudah memiliki nilai tambah, dari produk setengah jadi menjadi produk yang sudah jadi.

"Yaitu, dengan fokus pada keunggulan komoditas ekspor dengan basic pada pertanian, perkebunan dan perikanan," jelasnya.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan Irjen Pol Anton Charliyan mengutarakan pihaknya juga telah memfasilitasi berbagai hal yang menghambat dalam rangka percepatan dwelling time untuk peningkatan ekspor.

Dia juga mengimbau agar semua pihak tidak lagi melakukan pungutan-pungutan di luar ketentuan dalam kegiatan yang tidak ada pelayanannya. "Pokoknya yang tidak ada ketentuannya dalam pelayanan tidak boleh dapat pungutan," tegas Anton.(p/mk)